Seru! Kirab Pusaka Pakwan Padjajaran dan Kaul Pencak Silat Se-Bogor Raya untuk NKRI

08 May 2018 16:16   ngopiEVENT
Seru! Kirab Pusaka Pakwan Padjajaran dan Kaul Pencak Silat Se-Bogor Raya untuk NKRI

Dibawah cerahnya  matahari kota  Bogor yang seakan merestui perhelatan “Kirab Pusaka Pakwan Padjajaran dan Kaul Pencak Silat Se-Bogor Raya untuk NKRI”, Minggu, 6 Mei 2018 sukses dilaksanakan. 

Acara Kirab Pusaka ini sendiri dihadiri oleh Danrem Bogor, Kapolresta, dan PLT Walikota Bogor Ir Usmar Hariman.

Adapun seremoni kirab tersebut dibuka secara langsung oleh Danrem 061/Sk, Kolonel Inf. Muhamad Hasan didampingi Plt Wali Kota Bogor, Usmar Hariman dan Kapolresta Bogor Kota, Ulung Sampurna Jaya dengan ditandai penglepasan peserta kirab, yang berjalan dari Balaikota ke lapangan Sempur.

Kehebohan yang Penh sukacita pada acara Kirab Pusaka dan Kaul Pencak Silat tersebut tak luput dikarenakan oleh keikutsertaan beberapa padepokan silat di Bogor, Jakarta, Tangerang, Karawang dan lain-lain.

Adapun beberapa padepokan silat yang hadir antara lain Padepokan Gosali Teupa Kujang, PSN ISMD Putra Setia, Palataran Pakujajar Sipatahunan, Padepokan Tiga Serangkai, Padepokan Silat Caracak, BKP, Sundawani, PPSI, Padepokan Rajawalin Sakti, Paguyuban Bedog Karawang, Balad Maung Indonesia, dan Padepokan silat Caracak.

Ketua Panitia acara ini, Roni Ramdhani, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pusaka yang ada di Jawa Barat. Acara ini juga yang pertama kali digelar di Bogor dan Jawa Barat bahkan untuk di Indonesia. Apalagi acara ini lebih meriah karena dihadiri oleh budayawan dan seniman se-Jawa Barat.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk mempersatukan kembali para budayawan dan seniman khususnya di Jawa Barat,” tuturnya.

Ke depan, kepada Pemda Bogor, Roni juga mengharapkan agar nantinya dibuatkan satu museum untuk menyimpan pusaka Padjajaran atau pusaka dari tanah Jawa Barat.

Pada acara ini juga digelar pameran pusaka, yang terdiri dari Kujang, Keris Padjajaran, Tombak, Golok dan Pedang. Dimana pusaka tersebut diperkirakan sebagai peninggalan kerajaan Padjajaran. Selain pameran benda-benda pusaka juga ada bazar yang akan memanjakan kita dengan kuliner dan cendra mata khas jawa barat pastinya.

Pergelaran acara Kirab Pusaka Pakwan Padjajaran dan Kaul Perguruan Silat ini merupakan acara yang baru pertama kali digelar. Namun acara tersebut sudah mampu menyedot perhatian masyarakat Bogor dan wisatawan yang kebetulan sedang berkunjung ke Kota Bogor.

Main Apry, salah seorang pesilat PSN ISMD Putra Setia menyatakan, acara seperti ini bagus untuk mengangkat dan melestarikan kebudayaan tradisional bela diri Indonesia, Silat. “Yuk, kita jadikan acara ini sebagai salah satu tonggak untuk kebangkitan budaya silat di Indonesia dan khususnya di tanah Pasundan ini. Silat bisa menjadi salah satu wadah untuk menjalin tali silaturahmi. Silat bisa menjadi cara juga untuk mempersatukan bangsa,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga Main menaruh harapan agar acara kirab pusaka bisa berlangsung secara rutin dan menjadi agenda tetap dari Pemda Bogor. “Saya berharap acara kirab pusaka ini tidak hanya terputus untuk sekali pelakasanaan, tetapi bisa berlanjut di tahun depan. Mungkin pelaksanaannya bisa lebih meriah lagi dan pemberitahuan ke padepokan yang lain juga lebih gencar,” harap Main Apry. (*)